RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 04 Oktober 2014

Business To Business (B2B)

  Definisi
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.

  Konsep dalam B2B
Transaksi bisnis dijalankan melalui internet, extranet, intranet, atau jaringan sistem perusahaan, juga dikenal sebagai e-B2B (electronic B2B)


  Karakteristik B2B
1.      Trading Partner : Pertukaran informasi hanya berlangsung diantara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
2.      Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berskala dengan format data yang telah disepakati.  Jadi service yang dipergunakan antar kedua sistem tersebut sama dan menggunakan standar yang sama pula.
3.      Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data.
4.      Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis. 
B2B Exchange
Gagasan dasar dari B2B Exchange adalah membuat lebih mudah suatu perusahaan untuk temukan barang-barag yang kereka perlukan, bertansaksi secara lengkap, dan untuk menyimpan uang sampai ada barang-barang yang diperjual belikan dengan skala besar.

  Klasifikasi B2B Exchange
1.      Systematic Sourcing
Pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang hubungan antar supplier dan pembeli
2.      Spot Sourcing
Pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti kebutuhan
3.      Vertical Exchange
Suatu pertukaran yang anggotanya adalah di dalam (satu/orang) industri atau idustri segmen
4.      Horizontal Exchange
Suatu pertukaran yang menangani material menukar tambah beberapa industri berbeda

Aktifitas yang dilakukan dalam B2B
1.      Market  Intelligence
Mengumpulkan informasi lengkap mengenai produk yang akan dibeli atau jasa yang akan digunakan
Mulai dari spesifikasi, servis, kualitas, dan kuantitasnya
2.      Prepurchasing
Menyiapkan prpopsal pembelian (RFP: Request for Proposal)
Mencari tahu permintaan kuantitas (RFQ: Request for Quotation)
Menyediakan spesifikasi
 Negosiasi
3.      Purchasing
Menyiapkan pemesanan (Ordering)
Persetujuan pengiriman (Deliveries)
Persetujuan pemesanan (Acknowledgement)
4.      Shipping & Penerimaan barang
Menginformasikan jadwal pengiriman barang
Mendapatkan faktur penerimaan barang
5.      Pembayaran
Pembayaran dilakukan melalui bank atau secara online

B2B Marketplace
1.      One to Many
Pasar yang dikelola oleh suatu perusahaan (supplier) yang menyediakan mulai dari katalog penawaran produk dan harganya
2.      Many to One
Pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender
3.      Some to Many
Gabunagn dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan ke banyak pembeli
4.      Many to Some
Perusahaan yang menggabungkan katalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah
5.      Many to Many
Pasar yang dikelola olh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelangyang dinamis

 Contoh Web B2B
1.      Pure Play (B2B)
Electronic Market: iMark.com
Web malls: www.mallpark.com
2.      Click and Mortal (Partial B2B)
SUPPLIER’S Web: covist.com
Promotion: sap.com
Logistic: ec.ups.com
After Sales: cisco.com

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogroll

  • About